DAERAH NEWS PENDIDIKAN

9 bulan yang lalu

LPJ Anggaran Dana BOS SMA Xaverius Pringsewu Diduga Ada Yang Fiktif

Maskur

Rabu, 18 Januari 2023 - 14:41 WIB

Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

PRINGSEWU – Ratusan juta rupiah anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2020 dan Tahun 2021 Sekolah Menengah Atas (SMA) Xaverius Pringsewu diduga kuat diselewengkan oleh Petrus Risdianto oknum Kepala Sekolah. Rabu (18/1/2023).

Dari data yang dihimpun media ini, diduga ada praktik mark-up pada penyusunan LPJ serta penyelewengan dana BOS SMA Xaverius Pringsewu. Sejumlah mata anggaran yang diduga mark-up dan diselewengkan ada pada mata anggaran berlangganan daya dan jasa yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah pertahun.

Dikonfirmasi di ruang tunggu SMA Xaverius, oknum Kepsek berkilah hanya menganggarkan kisaran Rp. 30 jutaan untuk mata anggaran berlangganan daya dan jasa, hal itu sangat berbanding terbalik dengan data LPJ Sekolahan tersebut yang mencapai jumlah Rp. 70 jutaan.

“Untuk berlangganan daya dan jasa anggarannya lebih kurang 30 jutaan pertahap,” katanya.

Mata anggaran untuk kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler yang nilai nya mencapai ratusan juta rupiah juga diduga kuat diselewengkan. Pasalnya pada Tahun 2020 dan Tahun 2021 kegiatan pembelajaran dilaksanakan tidak tatap muka (daring), sementara kegiatan ekstrakurikuler ditiadakan karena dalam masa Pandemi Covid-19.

“Kan masa pandemi, jadi kegiatan belajar tatap muka ditiadakan. Untuk ekstrakurikuler juga tidak ada.” jelasnya.

Selain mata anggaran pembelajaran dan ekstrakurikuler yang diduga diselewengkan, patut diduga kuat oknum Kepsek dalam penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Tahun 2020 dan Tahun 2021 untuk mata anggaran
pemeliharaan sarana dan prasarana serta untuk pembayaran honor Sekolah diduga kuat fiktif,

Pasalnya pihak sekolah tidak menganggarkan untuk pemeliharaan sarana dan prasarana Sekolah menggunakan dana BOS. Hal tersebut diperoleh dari keterangan Monic, mantan bendahara Sekolah SMA Xaverius pada priode itu (Tahun 2020 dan 2021)

“Untuk pemeliharaan sarana dan prasarana Sekolah tidak menggunakan dana BOS, tapi langsung dari yayasan Xaverius,” bebernya saat dikonfirmasi di SMP Xaverius Pringsewu tempatnya bertugas saat ini. (Maskur)

Artikel ini telah dibaca 327 kali

Baca Lainnya