DAERAH PENDIDIKAN

2 bulan yang lalu

Puji Rahardjo Kakanwil Kemenang Lampung Sambut baik Shilaturahmi Pengurus Ponpes Misbahul Munir As-suhaili

Redaksi

Jumat, 3 Juni 2022 - 12:17 WIB

BANDAR LAMPUNG – Pengurus Pondok Pesantren Misbahul Munir As-suhaili bersilaturahmi Kekediaman Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Lampung  Bapak Puji Raharjo, S.Ag,SS.M.Hum dalam rangka konsultasi terkait Izin operasional Pondok Pesantren dan Madrasah Tsanawiyah yang masih dalam proses.

Hadir dikediaman Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Amaruddin mewakili pengasuh Ponpes KH. Rohimin Al’Asror, M.Pd didampingi Irfan Saifuddin salah satu pengurus Ponpes Misbahul Munir As-suhaili, serta M. Yusuf Kepala Kampung Sendang Retno yang juga merupakan salah satu Dewan Komite Wali Santri Ponpes, serta didampingi Madin Asyaif dan Mumtarin Humas Pondok Pesantren tersebut, dalam shilaturahmi itu bertemu langsung dengan Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung di Kediamannya di Kota Bandar Lampung. (02/05/2022)

Amarudin atau yang akrab disapa Amar dilingkungan ponpes, mengutarakan maksud dan tujuan shilaturahmi tersebut, “Kami dengan tidak mengurangi rasa ta’zim dan rasa hormat mewakili Pengasuh Ponpes, bermaksud untuk soan atau shilaturahmi dengan Bapak Kakanwil, shilaturahmi ini tentunya tidak ada maksud dan tujuan selain menjalin shilaturahmi serta meminta arahan dari Bapak Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Bapak Puji Rahardjo, terkait dengan beberapa kendala kami dalam proses pengurusan Izin operasional Pondok Pesantren dan Madrasah Tsanawiyah As-suhaili, dimana yang sejak tahun 2016 berdiri dan kami saat ini masih menginduk di salah satu Pondok Pesantren di daerah kami” tutur Amar.

Lebih lanjut Amar juga mengutarakan bahwa sejak tahun 2018 sudah mengurus Izin operasional Pondok Pesantren dan Madrasah Tsanawiyah, “Kami ditahun 2018 sudah mengurus izin pondok pesantren dan Tsanawiyah, namun karena pada saat itu ada sedikit kendala karena kami disuruh mengirim foto kontor Tsanawiyah, namun karena pada saat itu masih dalam proses pembangunan maka kami belum sempat mengirimkan, lantas upaya lain juga sudah kami coba mengingat Santri kami per hari ini sudah mencapai 600 lebih yang mondok serta mengeyam pendidikan mulai dari TK, MI, MTS dan Madrasah Aliyah, maka kami berupaya terus agar ponpes kami mendapatkan izin operasional baik ponpes maupun lembaga pendidikan formal nya, tentunya agar kami lebih mudah dalam menjalankan semuanya terkhusus kemandirian Ponpes kami jika kami sudah memiliki izin operasional sendiri”, ungkap Amar.

Sementara Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Bapak Puji Raharjo, S.Ag,SS.M.Hum menuturkan bahwa hal tersebut sangat disayangkan dimana Ponpes yang sudah banyak santri/siswanya selama ini masih menginduk dengan Ponpes lain, “Saya sangat menyambut baik dengan shilaturahmi rombongan dari Pondok Pesantren Misbahul Munir As-suhaili dnan bagi saya ini sangat sayang sekali jika Ponpes yang sudah sangat luar biasa seperti itu masih menginduk ke ponpes lain, coba segera diurus kembali diruntut dan dimana ada kendala-kendala nya, misalnya itu terjadi di tingkat Kemenag Kabupaten Lampung Tengah, karena ini wilayah Kabupaten Lampung Tengah, segera diurus, nanti jika masih ada kendala atau hal-hal yang barangkali masih belum juga faham atau sulit silahkan hubungi saja saya selaku Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, ini merupakan bentuk dukungan kami untuk memajukan pendidikan di dunia pesantren maupun pendidikan formalnya” Tutur Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung.

Usai Shilaturahmi Kekediaman Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Lampung, dilanjutkan Shilaturahmi ke kediman Ketua MUI Provinsi Lampung Prof. Dr. H.Moh. Mukri, M.Ag, disela nasihatnya menyampaikan “Saya sangat mendukung dengan diurusnya secara mandiri Pontren Misbahul Munir As-suhaili, mengingat sudah sebanyak itu santrinya, jika masih saja menginduk maka nanti kemandirian daripada Pontren itu sendiri akan kurang, maka segera dibenahi dalam hal management dan juga administrasi yang ada guna mendorong percepatan daripada izin operasional baik pontren maupun pendidikan formalnya, nanti akan saya komunikasikan dengan relasi-relasi yang ada seperti Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, guna mendukung percepatan izop tersebut, mengingat juga sudah dari tahun 2018 kan sudah mengurus nya, nah kendalanya dimana nanti segera komunikasikan dengan Pak Puji Raharjo, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung” Pesan Prof Mukri, sapaan Akrab Prof. Dr. H.Moh. Mukri, M.Ag, yang juga Mengetuai PBNU serta saat ini juga menjabat sebagai Rektor  Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, usaienjabat sebagai Rektor UIN Lampung. (Red)

Artikel ini telah dibaca 78 kali

Baca Lainnya